RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015











Disusun oleh :

Nama   : Nur syamsudin Fikri
NIM   : 1405105005

PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Jalan Raya Mulawarman No.1 Kode Pos 75262





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran                       : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 
Materi Pokok                         : Renang Gaya Bebas Pemula
Kelas/Semester                      : X / ganjil
Alokasi Waktu                       : 4 X 40 menit. ( 2 kali pertemuan )
Karakteristik Siswa                : Siswa SMA yang berada di wilayah luar perkotaan


A.    Standar Kompetensi    : Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya bebas lanjutan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

      Kompetensi Dasar          : Mempraktikkan koordinasi teknik dasar meluncur

B.     Indikator
1.      Melakukan teknik dasar di air
2.    Melakukan teknik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas dalam jarak tertentu dengan koordinasi yang baik.
3.   Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas dalam jarak tertentu dengan koordinasi yang baik.
4.   Melakukan teknik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas dalam jarak tertentu dengan koordinasi yang baik.
5. Melakukan perlombaan renang gaya bebas (menempuh jarak 20 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin, keberanian dan kebersihan.
6. Mematuhi peraturan perlombaan renang

C.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan
a.       Siswa dibariskan sesuai dengan koordinasi lapangan
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi tentang Akuatik ( aktivitas air )
d.      Pemanasan
Jogging, peregangan, dan senam pemanasan. ( dapat dibuat dalam bentuk permainan sesui dengan materi yang diajarkan )

2.      Inti Pembelajaran
a.       Inti I :
1.      Siswa dibariskan dalam formasi bersaf kurang lebih 8 siswa, dimana yang depan diusahakan yang pernah melakukan aktivitas air.
2.      Baris per-baris melakukan teknik dasar ( pengenalan air, teknik pernafasan, meluncur, dan mengapung berbagai posisi, atau separuh melakukan dan separuh mengontrol.
3.      Model latihan interval ayunan kaki gaya bebas
4.      Model latihan interval tangan gaya bebas.
5.      Model latihan interval koordinasi ayunan kaki, gerakan tangan, dan pernafasan renang gaya bebas.
6.      Model latihan interval renang gaya bebas diperhatikan teknik
7.      Dengan dikelompokkan tingkat keterampilan renang gaya bebas pemula diadakan lomba renang gaya bebas jarak 25 meter dengan start di air.
b.      Inti II :
1.      Melakukan lomba teknik dasar, dikelompokkan sesuai kemampuan dengan interval waktu sesuai tingkat kemampuan.
2.      Memperbaiki teknik dasar renang gaya bebas.
3.      Memperbaiki teknik gerakan kaki gaya bebas
4.      Memperbaiki teknik gerakan tangan gaya bebas.
5.      Memperbaiki koordinasi gerakan tangan, gerakan kaki, dan pernafasan renang gaya bebas
6.      Latihan start dan meluncur.

D. Penutup
1.      Melakukan teknik meluncur rileks
2.      Melakukan renang gaya bebas rileks
3.      Peregangan ringan

E.  Penilaian
1.            Teknik dan Bentuk Penilaian
a.            Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan renang gaya bebas (menempuh jarak 25 meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
·               Contoh penilaian proses renang gaya bebas (Penilaian keterampilan berenang)

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai
Gerakan Tangan
Gerakan Kaki
Teknik Pernapasan
Jarak Tempuh
1







2







3







4







dst.








No
Nama Siswa
Sikap Awal
Gerakan
Sikap Akhir
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















4.




















5.




















dsb





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12






                                                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·               Contoh penilaian produk/prestasi renang gaya bebas (Menempuh jarak 50 meter).

Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
….. < 50 detik
….. < 60 detik
100%
Sangat Baik
51 – 60 detik
61 – 70 detik
90%
Baik
61 – 70 detik
71 – 80 detik
80%
Cukup
71 – 80 detik
81 – 90 detik
70%
Kurang
…… > 80 detik
…… > 90 detik
60%
Kurang Sekali

b.            Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggungjawab, sportivitas, dan mematuhi peraturan.

No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Disiplin
Jujur
Percaya diri
Tanggung
jawab
Sportif
Patuhi Aturan


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















dst






















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


              
 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                  Jumlah skor maksimal

c.             Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar renang gaya bebas dengan metode resiprokal:

No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20




                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
   

Contoh Butir Pertanyaan
No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam gaya-gaya renang!
2.
Sebutkan macam-macam teknik dasar renang gaya bebas!
3.
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas!
4.
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan lengan renang gaya bebas!
5.
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya bebas!

2.      Bentuk Instrumen :
Proses pengamatan langsung di kolam renang







Mengetahui                                                                   ……………………….,       Maret 2015
Kepala Sekolah                                                             Guru Penjas





………………………….                                            …………………………
NIP :                                                                            NIP :

Meluncur:
Nilai 3 jika sikap awal, luncuran stabil, dan rileks
Nilai 2 jika salah satu dari kriteria diatas tidak sempurna
Nilai 1 jika tiga (senua) dari kriteria di atas tidak sempurna

Mengapung:
Nilai 3 jika gerakan rileks, efisien, dan pernafasan stabil dalam waktu………….
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna

Gerakan Kaki:
Nilai 3 jika menekuk lutut, membuka kaki dan gerakan maju menggunakan dorongan telapak kaki dilakukan dengan baik.
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna.
Nilai 1 Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna

Kayuhan Kaki :
Nilai 3 Jika
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna

Pernafasan :
Nilai 3 Jika
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna

Nilai Rata-rata = jumlah skor pencapaian dibagi skor maksimum dikali 10 (untuk skala 0- 10)
Atau dikali 100 (untuk skala 0-10)
Misalnya, Ayu nilai meluncur 3, mengapung 2, ayunan kaki 2, kayuhan tangan 3, dan pernafasan 3.

Maka nilai yang diperoleh adalah 13:15 = 0,87. Jadi 0.87 x 10 =8,7 atau 0,87 x 100 =87

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages - Menu

Popular Posts

Categories

About Me

About

Categories