RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Disusun oleh :
Nama : Nur syamsudin Fikri
NIM : 1405105005
PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Jalan Raya Mulawarman No.1 Kode Pos 75262
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Materi Pokok : Renang Gaya Bebas
Pemula
Kelas/Semester : X / ganjil
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit. ( 2 kali
pertemuan )
Karakteristik Siswa : Siswa SMA yang berada di
wilayah luar perkotaan
A.
Standar Kompetensi : Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya bebas lanjutan dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar meluncur
B.
Indikator
1. Melakukan teknik dasar di air
2. Melakukan teknik dasar meluncur, gerakan
kaki dan lengan renang gaya bebas dalam jarak tertentu dengan koordinasi yang
baik.
3. Melakukan teknik dasar pernapasan renang
gaya bebas dalam jarak tertentu dengan koordinasi yang baik.
4. Melakukan teknik dasar meluncur, gerakan
kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas dalam jarak tertentu dengan
koordinasi yang baik.
5. Melakukan perlombaan renang gaya bebas
(menempuh jarak 20 meter) untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan.
6. Mematuhi peraturan
perlombaan renang
C. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Siswa
dibariskan sesuai dengan koordinasi lapangan
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
tentang Akuatik ( aktivitas air )
d. Pemanasan
Jogging,
peregangan, dan senam pemanasan. ( dapat dibuat dalam bentuk permainan sesui
dengan materi yang diajarkan )
2. Inti
Pembelajaran
a. Inti
I :
1. Siswa
dibariskan dalam formasi bersaf kurang lebih 8 siswa, dimana yang depan
diusahakan yang pernah melakukan aktivitas air.
2. Baris
per-baris melakukan teknik dasar ( pengenalan air, teknik pernafasan, meluncur,
dan mengapung berbagai posisi, atau separuh melakukan dan separuh mengontrol.
3. Model
latihan interval ayunan kaki gaya bebas
4. Model
latihan interval tangan gaya bebas.
5. Model
latihan interval koordinasi ayunan kaki, gerakan tangan, dan pernafasan renang
gaya bebas.
6. Model
latihan interval renang gaya bebas diperhatikan teknik
7. Dengan
dikelompokkan tingkat keterampilan renang gaya bebas pemula diadakan lomba
renang gaya bebas jarak 25 meter dengan start di air.
b. Inti
II :
1. Melakukan
lomba teknik dasar, dikelompokkan sesuai kemampuan dengan interval waktu sesuai
tingkat kemampuan.
2. Memperbaiki
teknik dasar renang gaya bebas.
3. Memperbaiki
teknik gerakan kaki gaya bebas
4. Memperbaiki
teknik gerakan tangan gaya bebas.
5. Memperbaiki
koordinasi gerakan tangan, gerakan kaki, dan pernafasan renang gaya bebas
6. Latihan
start dan meluncur.
D. Penutup
1. Melakukan
teknik meluncur rileks
2. Melakukan
renang gaya bebas rileks
3. Peregangan
ringan
E. Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan renang gaya bebas (menempuh jarak 25
meter), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian
produk/prestasi).
·
Contoh
penilaian proses renang gaya bebas (Penilaian keterampilan berenang)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Nilai
|
Gerakan Tangan
|
Gerakan Kaki
|
Teknik Pernapasan
|
Jarak Tempuh
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh
penilaian produk/prestasi renang gaya bebas (Menempuh jarak 50 meter).
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
Putera
|
Puteri
|
….. < 50 detik
|
….. < 60 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
51 – 60 detik
|
61 – 70 detik
|
90%
|
Baik
|
61 – 70 detik
|
71 – 80 detik
|
80%
|
Cukup
|
71 – 80 detik
|
81 – 90 detik
|
70%
|
Kurang
|
…… > 80 detik
|
…… > 90 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
b.
Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan
pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : disiplin,
kejujuran, kerjasama, tanggungjawab, sportivitas, dan mematuhi peraturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
Disiplin
|
Jujur
|
Percaya diri
|
Tanggung
jawab
|
Sportif
|
Patuhi Aturan
|
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor
maksimal
c.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar renang gaya bebas
dengan metode resiprokal:
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI KOGNITIF) : 20
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan macam-macam gaya-gaya
renang!
|
2.
|
Sebutkan macam-macam teknik dasar renang
gaya bebas!
|
3.
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan kaki renang gaya bebas!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan
lengan renang gaya bebas!
|
5.
|
Jelaskan cara melakukan latihan gerakan pernapasan renang gaya bebas!
|
2.
Bentuk Instrumen :
Proses
pengamatan langsung di kolam renang
Mengetahui ………………………., Maret 2015
Kepala Sekolah
Guru Penjas
………………………….
…………………………
NIP :
NIP
:
Meluncur:
Nilai 3 jika sikap awal, luncuran stabil, dan rileks
Nilai 2 jika salah satu dari kriteria diatas tidak sempurna
Nilai 1 jika tiga (senua) dari kriteria di atas tidak sempurna
Mengapung:
Nilai 3 jika gerakan rileks, efisien, dan pernafasan stabil dalam
waktu………….
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna
Gerakan Kaki:
Nilai 3 jika menekuk lutut, membuka kaki dan gerakan maju
menggunakan dorongan telapak kaki dilakukan dengan baik.
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna.
Nilai 1 Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak
sempurna
Kayuhan Kaki :
Nilai 3 Jika
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna
Pernafasan :
Nilai 3 Jika
Nilai 2 jika satu dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai 1 Jika tiga (semua) dari kriteria di atas tidak sempurna
Nilai Rata-rata = jumlah skor pencapaian dibagi skor maksimum dikali
10 (untuk skala 0- 10)
Atau dikali 100 (untuk skala 0-10)
Misalnya, Ayu nilai meluncur 3, mengapung 2, ayunan kaki 2, kayuhan
tangan 3, dan pernafasan 3.
Maka nilai yang diperoleh adalah 13:15 = 0,87. Jadi 0.87 x 10 =8,7
atau 0,87 x 100 =87
0 komentar:
Posting Komentar